Laman

Translate

Rabu, 29 Mei 2013

Soal (Latihan) untuk apa?

Minggu ini adalah minggu akhir menuju Ulangan Umum Semester. Semua kompetensi sudah atau hampir selesai diajarkan. Pekerjaannya adalah mengulang dan latihan dengan tujuan agar semua siswa benar-benar sudah memahami dengan baik kompetensi satu semester.

Pagi ini saya berikan 3 buah soal matematika untuk dikerjakan, baik individu maupun bekerjasama. siswa pertama bertanya, bagaimana caranya pak?. "Dipikir dulu". Tak lama kemudian siswa yang lain juga bertanya dan minta contoh terlebih dahulu. "Sesungguhnya semua materi dan contoh sudah kalian miliki". samapai hampir 30 menit, tidak seorangpun yang dapat mengerjakannya.

"Mengapa orang berpikir?". Serentak menjawab karena memiliki otak pak. "Betul karena punya otak, tetapi semua orang tahu jawaban itu. Orang berpikir karena ada informasi yang dimilikinya. Masalahnya adalah informasi untuk ini tidak dikuasai dengan benar. Kalau saya berikan jawabannya sekarang, lalu soal itu untuk apa? Soal ini soal untuk berpikir. Informasi yang pertama adalah lihat invers matriks. Informasi kedua adalah lihat contoh aplikasi matriks terhadap sistem persamaan. Dan informasi ketiga adalah, apakah berlaku hukum komutatif terhadap perkalian matriks? Renungkanlah ketiga informasi itu. selamat siang"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar